Langsung ke konten utama

PENGENALAN INTERNET
a.    Pengertian Internet
        Internet (Interconection Network) merupakan hubungan dua computer bahkan lebih yang saling berhubungan untuk membentuk jaringan computer sebanyak – banyaknya guna menukar informasi.
        Nama lain dari internet antara lain, Cyber, E world, Dunia Maya, dan Cyber Space.
b.    Sejarah Internet
        Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

FUNGSI DAN KEGUNAAN INTERNET
Internet memiki peran vital dalam kehidupan masyarakat, selain membantu dalam melakukan aktivitas, internet juga menimbulkan kesenjangan social di masyarakat.
Adapun beberapa manfaat dari internet adalah :
1.  Memperoleh Informasi
        Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi yang kita inginkan,
2. Berkirim Surat
        Ada sebuah fasilitas yang fungsinya sama dengan surat yaitu E-mail, fungsinya dapat mengirimkan dan menerima surat dari orang lain dalam waktu singkat.
3.  Chatting
        Fasilitas ini menjadi favorit karena dalam hal ini kita bias berkomunikasi langsung dengan orang lain dan kita bias melihat posisi lawan chat kita dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh media chat tersebut.
4. Belanja / Jual Beli
        Di internet terdapat Toko Online, secara fisik bukan toko sebenarnya namun menyediakan situs web sehingga kita dapat melakukan penjualan atau pembelian barang secara online, tinggal kita masukkan no rekening, lalu pilih produk yang akan dibeli, kemudian barang akan dikirim dalam beberapa hari saja sesuai tujuan.
  Internet Phone
        Fasilitas telepon melalui internet digunakan untuk menelepon ke mana saja seluruh dunia menggunakan tariff local, meskipun ditentang oleh Telkom, tapi fasilitas ini merupakan fasilitas yang menarik.

Komentar